• Call: +60 8 123 000
  • E-mail: info@gmail.com
  • Login
Education Blog
  • Home
  • About Us
    • History
    • Vision, Mission & Objective
    • Motto
    • Strategic Plan
    • Organization
    • Mars
  • Academics
    • Academic Calender
    • Academic Guideline
  • Classis
    • Management
    • Teaching
    • Stories
    • Learning
    • Studying
    • Remedy
  • Tarbiyah
    • Prodi PAI
    • Prodi PGMI
  • Campus Life
    • Facilities
    • What is Campus Life
    • Student Organizations
    • Alumni Organization
  • PMB
  • Siakad
  • Journal
    • OJS el_Makrifah
    • ISSN
  • Info
No Result
View All Result
STIT MI BENGKULU SELATAN
No Result
View All Result
Home Article

Perbandingan Definisi Pendidikan Agama Islam di Berbagai Negara dan Adaptasi Lokal Bengkulu Selatan

officialstitmi by officialstitmi
September 21, 2025
in Article
0
Perbandingan Definisi Pendidikan Agama Islam di Berbagai Negara

Perbandingan Definisi Pendidikan Agama Islam di Berbagai Negara

Share on FacebookShare on Twitter

Pendahuluan

Pendidikan Agama Islam (PAI) adalah bagian integral dari sistem pendidikan di banyak negara muslim. Meskipun basis ajarannya sama (yaitu Al-Qur’an, Hadis, akidah, syariat), definisi dan penekanannya bisa berbeda tergantung konteks budaya, kebijakan, dan kebutuhan lokal. Artikel ini membandingkan definisi PAI di Indonesia dengan beberapa negara muslim, dan melihat adaptasi PAI dalam konteks lokal Bengkulu Selatan.

Definisi PAI di Indonesia

Di Indonesia, PAI didefinisikan dalam UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. UU ini menyebutkan bahwa pendidikan agama adalah hak semua peserta didik dan wajib diajarkan di setiap satuan pendidikan sesuai agama yang dianutnya. Tujuan pendidikan nasional turut mencantumkan bahwa peserta didik diharapkan menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. (E-Journal IAIN Kendari)

Penelitian “Kedudukan Pendidikan Islam dalam UU No 20 Tahun 2003” menyatakan bahwa definisi PAI di Indonesia melibatkan transformasi dan internalisasi ilmu dan nilai-nilai agama dalam diri peserta didik, menumbuhkan potensi fitrah mereka agar tercapai keselarasan hidup dalam berbagai aspek. (Ejournal IAIS Syarifuddin)

Definisi PAI di Malaysia

Di Malaysia, definisi PAI lebih sering ditemukan dalam dokumen pendidikan nasional dan kebijakan pemerintah yang menekankan keseimbangan antara aspek rohani dan duniawi (spiritual, jasmani, intelektual, emosional, sosial). Sebagai contoh dalam artikel “Pendidikan Islam di Malaysia” disebut bahwa tujuan pendidikan Islam mencakup pembentukan pribadi Muslim yang lengkap: spiritual, fisik, emosional, intelektual dan sosial. (e-Journals)

Namun belum ditemukan definisi resmi dari Undang-undang atau peraturan negara Malaysia yang persis sama seperti UU Sisdiknas di Indonesia, sehingga untuk Malaysia penggunaan istilah “proses pembinaan manusia seimbang” dan “modul pendidikan Islam sebagai bagian dari pendidikan kebangsaan”. (e-Journals)

Definisi PAI di Turki dan Arab Saudi

Untuk Turki, literatur yang ada seperti artikel “Model Pendidikan Islam di Turki” membahas bagaimana sejarah, kebijakan, dan perubahan sistem mempengaruhi pendidikan Islam, khususnya di sekolah-agama Islam (Imam Hatip), tetapi kurang menemukan definisi kebijakan yang sangat spesifik baku dalam sumber terbuka. (OJS UID)

Baca Juga: Pengertian Pendidikan Agama Islam

Baca Juga: Studi Pendidikan Agama Islam, Arah dan Tujuannya

Turki, Konstitusi tahun 1982 (Pasal 24) mengamanatkan bahwa mata pelajaran Religious Culture and Ethics menjadi bagian wajib dalam kurikulum sekolah dasar dan menengah, dan bahwa pengajaran agama dan moral tersebut berada di bawah pengawasan dan kontrol negara. MDPI+1 Undang-undang Pendidikan Nasional (Milli Eğitim Temel Kanunu) juga menegaskan bahwa pendidikan nasional didasarkan pada sekularisme, namun tetap mencakup pelajaran agama dalam bentuk budaya agama dan etika. MDPI

Baca Juga: Peran Tarbiyah dalam Pendidikan Tinggi Islam

Arab Saudi, pendidikan agama Islam menjadi bagian wajib dalam semua jenjang sekolah umum. Berdasarkan laporan Departemen Negara AS tentang Kebebasan Beragama, siswa di sekolah negeri menerima pengajaran agama Islam yang wajib berdasarkan mazhab Hanbali. ECOI.net Regulasi untuk sekolah swasta dan internasional juga mengatur agar kurikulum pendidikan Islam sesuai dengan standar nasional. Ministry of Education Selain itu, menurut Basic Law of Governance, pendidikan di Saudi Arabia bertujuan menanamkan keyakinan Islam, memberi pengetahuan dan keterampilan, serta mempersiapkan generasi yang produktif dan mencintai tanah air. سعوديبيديا

Perbandingan Umum

Berdasarkan sumber yang ada:

Aspek Indonesia Malaysia (Turki & Arab Saudi)
Basis legal formal UU No. 20 Tahun 2003 – pendidikan agama wajib di semua satuan pendidikan; kurikulum wajib memuat PAI. (E-Journal IAIN Kendari) Kebijakan pendidikan nasional; PAI sebagai komponen kurikulum kebangsaan yang mengembangkan unsur spiritual dan moral. (e-Journals) Informasi kurang lengkap untuk definisi resmi; fokus di sekolah agama dan institusi dakwah, aspek sejarah dan fiqih lebih dominan dalam literatur ‒ berdasarkan sumber-terbatas. (OJS UID)
Penekanan nilai lokal / nasional Integrasi nilai toleransi / kebhinekaan sebagai bagian dari tujuan nasional pendidikan. (E-Journal IAIN Kendari) Aspek moral, sahsiah (akhlak) dan keseimbangan dunia-akhirat sangat ditekankan. (e-Journals) Lebih menekankan keimanan, akhlak dan syariah; di Turki juga ada aspek keterampilan dakwah dan pendidikan agama dalam institusi khusus.
Cakupan pendidikan Formal, non-formal, informal; semua jenjang wajib mengajarkan mata pelajaran agama sesuai agama yang dianut. (Electronic Journals of UIKA Bogor) Serupa, dengan integrasi di sekolah umum dan sekolah agama; beberapa sekolah khusus agama. Di Turki dan Arab Saudi, sekolah agama atau institusi agama memainkan peran yang sangat sentral; di beberapa jenjang umum mungkin PAI tidak sebanyak negara muslim lain, tergantung sistem pendidikan lokal.

Adaptasi dalam Konteks Lokal Bengkulu Selatan

Bengkulu Selatan sebagai bagian dari Indonesia mengambil kerangka nasional, namun terdapat adaptasi yang khas yang perlu diperhatikan:

  1. Budaya dan Tradisi Lokal
    Kegiatan pengajian kampung, adat gotong royong, dan tradisi lokal (misalnya seni, bahasa, adat) sering dipadukan dengan pendidikan agama. Nilai-nilai lokal ini memperkaya pengajaran PAI, misalnya dalam aspek akhlak, muamalah, kerjasama sosial.
  2. Kondisi Geografis dan Infrastruktur
    Daerah yang terpencil mungkin memiliki keterbatasan guru PAI yang berkualitas, akses ke materi ajar terkini, sarana teknologi, sehingga metode pengajaran PAI harus adaptif.
  3. Kearifan Lokal
    Penggunaan bahasa lokal dalam penjelasan ajaran Islam, penghayatan nilai keagamaan melalui adat yang tidak bertentangan syariah, pelibatan komunitas dalam pendidikan agama.
  4. Kebutuhan Spesifik Masyarakat
    Tantangan seperti rendahnya akses digital, tingkat ekonomi yang bervariasi, dan tingkat pendidikan orang tua yang berbeda membuat strategi PAI perlu inklusif dan berbasis masyarakat.

Penutup

Secara keseluruhan, definisi PAI di Indonesia memiliki dasar hukum yang kuat dan penekanan pada tujuan nasional, sambil memperhitungkan keragaman budaya. Di Malaysia pun demikian, meskipun kurang ada definisi publik yang sangat serupa UU Indonesia dari literatur yang saya akses, fokusnya juga ke pembentukan karakter dan keseimbangan dunia-akhirat. Untuk Turki dan Arab Saudi, literatur yang mudah diakses belum cukup untuk perbandingan penuh.

Di Bengkulu Selatan, adaptasi lokal memperlihatkan pentingnya menggabungkan kebijakan umum dengan budaya, tradisi dan kondisi lokal agar pendidikan agama lebih relevan dan efektif.

Referensi

Gita, P. Q., & Husni, D. M. (2022). Kedudukan Pendidikan Islam dalam UU No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Mabahithuna: Journal of Islamic Education Research.

Samrin. (2021). Pendidikan Agama Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia. Al-TA’DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 6(1), 1-15.

Asmi Yuniarti, Ariadi, A., & Mustafiyanti. (2023). Mendalami Esensi Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI): Definisi, Tujuan, dan Metode. Pengertian: Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(3), 435-452. https://doi.org/10.61930/pjpi.v1i3.435

Zihnil Afif, Erwin, & Zulmuqim. (2022). Pendidikan Islam di Malaysia. Jurnal Kolaboratif Sains, 7(1), 487-500.

Mujib, A. (2022). Model Pendidikan Islam di Turki. Journal of Islamic Education Studies, 2(2), 1-20.

ecoi.net. (2020). Saudi Arabia 2019 International Religious Freedom Report. European Country of Origin Information Network. https://www.ecoi.net/en/document/2031266.html

Ministry of Education, Kingdom of Saudi Arabia. (n.d.). Regulations for private and international schools. Saudi Ministry of Education. https://www.moe.gov.sa/en/education/generaleducation/Pages/Reg-priv-inte-sch.aspx

Saudipedia. (2023). Education in Saudi Arabia. Saudipedia. https://saudipedia.com/en/article/785/government-and-politics/education-and-training/education-in-saudi-arabia

Constitution of the Republic of Türkiye. (1982). Article 24 – Freedom of religion and conscience. Retrieved from https://www.cambridge.org/core/journals/politics-and-religion/article/freedom-of-religion-the-ecthr-and-grassroots-mobilization-on-religious-education-in-turkey/BCCD49B39D45BEBF0B67E0A23797183C

Milli Eğitim Temel Kanunu [Law of National Education]. (1973, amended). Türkiye Cumhuriyeti Resmî Gazete. Referenced in Religions, 15(12), 1486. https://www.mdpi.com/2077-1444/15/12/1486

Kılıç, R. (2024). Teacher training for religious education in Türkiye: Policy, debate, and diversity. Religions, 15(12), 1486. https://doi.org/10.3390/rel15121486

Tags: Artikel
Previous Post

DEMA STIT Makrifatul Ilmi Bengkulu Selatan Bahas Persiapan Hari Santri Nasional 2025

Next Post

Metodologi Pengajaran dalam Pendidikan Agama Islam

officialstitmi

officialstitmi

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dr. H. Abdullah Munir, M.Pd.

Most commented

Niat yang Mengubah Segalanya: Membentuk Generasi Berakhlak Mulia Melalui Hadis Innamal A‘mālu bin-Niyyāt

Ketika Kekuasaan Menjadi Ujian Iman: Refleksi Hadis tentang Korupsi dan Jabatan

Antara Tunduk dan Taat: Menyelami Makna Adab Santri terhadap Kiai di Tengah Tuduhan Feodalisme

Menemukan Makna Iman di Era Mahasiswa: Refleksi atas Hadis Jibril dalam Ummus Sunnah

Pemimpin Bukan Penguasa: Refleksi Hadis tentang Amanah Kepemimpinan dalam Islam

Bicara dengan Pikiran, Bukan Membaca dari Layar: Seruan untuk Dunia Kampus

STIT MI BENGKULU SELATAN

Official Website | Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Makrifatul Ilmi Bengkulu Selatan

Tags

#Munaqasyah #PPL #STITMI #STIT-MI #STITMI #stit_mi #Ujian_Komprehensif #Yudisium Abdullah Munir Akademik Akreditasi Arif Luthfi Artikel Canva CEL Dema Dosen HSN Kampus Karakter Kompetisi Kukerta Kuliah LPPM Mahasiswa Maulid Nabi MoU Official PAI Pelatihan Pembinaan Penelitian Peta Konsep PKKMB pmb Prestasi Proposal Seminar Sempro Serdos Skripsi Surismi Nada Puspa UKM Vlogger Wisuda Workshop

Recent News

Lailatul Puspita Lestari

Niat yang Mengubah Segalanya: Membentuk Generasi Berakhlak Mulia Melalui Hadis Innamal A‘mālu bin-Niyyāt

November 12, 2025
Jimi Ratri

Ketika Kekuasaan Menjadi Ujian Iman: Refleksi Hadis tentang Korupsi dan Jabatan

November 12, 2025

© by: Suport | 2021 | STIT MI Official.

No Result
View All Result
  • Home
  • About Us
    • History
    • Vision, Mission & Objective
    • Motto
    • Strategic Plan
    • Organization
    • Mars
  • Academics
    • Academic Calender
    • Academic Guideline
  • Classis
    • Management
    • Teaching
    • Stories
    • Learning
    • Studying
    • Remedy
  • Tarbiyah
    • Prodi PAI
    • Prodi PGMI
  • Campus Life
    • Facilities
    • What is Campus Life
    • Student Organizations
    • Alumni Organization
  • PMB
  • Siakad
  • Journal
    • OJS el_Makrifah
    • ISSN
  • Info

© by: Suport | 2021 | STIT MI Official.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Create New Account!

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In